sabtu ini akhirnya aku ada waktu buat ke Bogor. susah sekali kalau liburnya cuma hari sabtu, tapi mau gimana lagi.. walaupun cuma sehari yang kita punya tep harus dioptimalkan bukan?
Aku emang udah janji sama Papa mau nengokin kakak sepupuku di Bogor. Pas mudik lebaran kemarin Papa sampe gak enak banget, coz ternyata beberapa hari sebelum lebaran istri kakak sepupuku meninggal. Dan aku belum sempat kesana. Hiks! jadi merasa bersalah.. Makanya Meif, kalau uda niat jangan ditunda2 lagi... Forgive me ya Allah. Padahal jakarta - Bogor kan deket...
Siang itu aku kesana, naik Pakuan. Aku gak terlalu hapal kota Bogor. Maklum, sekalipun beberapa kali kesana gak pernah pake kendaraan umum. Mama udah ngasih tau, katanya cari ramayana, naik angkot dari sana. Tapi...ternyata Ramayananya udah berganti jadi BTM, Bogor Trade Mall. jadinya keder deh..bener gak yaak..sukurnya, Kakakku dengan baik hati menjemput..hehe..
Dan sampailah aku ke rumahnya yang teduh. Nyampe sana langsung di sambut hujan, hiyaa senang sekali.. ( Lupa ya kalo bogor kota hujan, biasa aja kalee..) delapan tahun lalu terakhir aku maen ke rumah ini, waktu itu aku masih kelas 2 SMA. Ceritanya, lagi jadi finalis lomba karya tulis se jawa Bali di IPB, gitu. Rumahnya masih sama, bedanya cuma sekarang gak ada Mba Dien, jadi sepi.
Tapi, meif mari kita meramaikan suasana... karena dengan atau tanpa kesedihan hidup harus terus berjalan..
aku..sejujurnya iri, mereka begitu saling mencintai. Mungkin, mereka pasangan paling romantis dalam keluargaku. Sapaan yang lembut, keluarga yang hangat, saling mencintai satu dengan lain. Bedanya kakak sama papa adalah, papaku kurang pandai mengekspresikan cintanya sama mamaku, hehehe.. garing, jayus..tapi..tentu mamaku tau betapa papa cinta pada mama, haha.
Pagi itu kami makan bubur ayam di daerah gunung batu. minggu yang cerah..sambil kakak ajak aku keliling dengan mobilnya, ngapalin jalan katanya. kami lalu bercerita tentang banyak hal, tentang pekerjaan, riset-risetnya, lingkungan, kuliahnya, semua..menyenangkan.. lalu sampai disebuah jalan, dia melambatkan laju mobilnya. "mbakyumu dimakamkan disini" katanya pelan.
Lalu..sepertinya hujan datang lebih pagi..
tapi, aku yakin dia tegar. karena semua milik Tuhan dan akan kembali padaNya bukan?
aku belajar, kita bisa mencintai seseorang sampai saat-saat paling akhir.. kita bisa. Aku mengalami itu dengan kakek, dengan nenek, Alhamdulillah, Tuhan mengijinkan aku menjaga mereka sampai detik terakhir.. aku percaya, kita bisa mencintai seseorang, bahkan ketika dia sudah tidak ada disisi kita lagi..
No comments:
Post a Comment